Sejarah Masuknya Islam di Kota Kupang

Populasi penduduk di Kota Kupang terdiri dari banyak ras, yaitu: Atoni (orang pribumi lokal pulau ini yang mempunyai bahasa dawan), Rote (berasal dari pulau rote), Sabu (berasal dari pulau sabu), Cina, Flores (berasal dari pulau flores), Kiser, Adonara, Solor (berasal dari pulau alor), Ambon (berasal dari Maluku ), Jawa, Arab, orang ekspatriat dari Eropa dan lain-lain.

Menengok Saudara Minoritas di Perkampungan Muslim Kupang

Menurut Abdul Kadir G. Goro dalam sebuah thesisnya yang berjudul “Sejarah Perkembangan Agama Islam di Kabupaten Kupang” (1977), Sejarah masuknya agama Islam di Kupang erat hubungannya dengan penyebaran agama Islam di Indonesia. Dari Ternate, Islam meluas meliputi pulau-pulau di seluruh Maluku, dan juga daerah pantau timur Sulawesi.

Dalam abad ke-16, dari Sulawesi Selatan muncul Kerajaan Gowa. Pengislaman dari Jawa disini tidak berhasil, akan tetapi berkat usaha seorang ulama asal Minangkabau pada awal abad ke-17, raja Gowa itu akhirnya memeluk agama Islam juga. Nah, atas kegiatan orang-orang Bugis, maka Islam masuk pula di Kalimantan Timur dan Sulawesi Tenggara, juga beberapa pulau di Nusa Tenggara.

Akibat meluasnya kekuasaan Kerajaan Tallo dan Goa di Nusantara Tenggara Timur, maka masuklah agama Islam di Nusa Tenggara Timur. Selain pengaruh dari Sulawesi Selatan, masuknya agama Islam di NTT disebabkan pula oleh masuknya orang-orang yang beragama Islam dari Ternate – Maluku ke daerah ini.

Menurut cerita rakyat di Pulau Alor, pembawa agama Islam yang pertama ke Pulau Alor adalah “Djou Gogo”, Kima Gogo, Salema Gogo, Iyang Gogo, Abdullah dan Muchtar yang berasal dari Ternate-Maluku.

Setelah masuknya agama Islam ke Pulau Solor sekitar abad ke XVI, maka dengan perantaraan orang-orang yang beragama Islam dari Solor, agama Islam masuk ke Batu Besi Kupang sekitar tahun 1613.

Melalui komunikasi laut, agama Islam berhasil dikembangkan di daerah-daerah pesisir Kabupaten Kupang yang strategis letaknya, sehingga terbentuknya masyarakat Islam di Kupang pada mulanya terjadi di daerah-daerah pesisir.

Dalam catatan sejarawan, masyarakat Islam yang berada di pesisir Pulau Timor telah muncul di Kupang, Toblolong (Kecamatan Kupang Barat), Sulamu (Kecamatan Kupang Timur), dan Naikliu (Kecamatan Amfoang Utara), Babau (Kecamatan Kupang Timur). Di tempat inilah, para nelayan, pelayar, dan pedagang menyinggahi dan menetap di daerah-daerah ini. Perkampungan Islam juga terbentuk di Pulau Sabu (Kecamatan Sabu Barat) di daerah pesisir.

Bila diurai satu per satu, Toblolong merupakan daerah pesisir yang strategis, karena letaknya sebagai jembatan penghubung antara Kupang dan Pulau Rote. Sebelum menyebrang ke Rote, para pendakwah yang juga pelayar dan pedagang terlebih dulu singgah di Toblolong untuk mempersiapkan perbekalan atau menunggu keadaan angin dan arus yang memungkinkan mereka untuk meneruskan pelayaran. Akibatnya, orang Islam yang singgah di daerah ini – kabarnya orang-orang Islam dari Solor-Lamakera — menetap di Toblolong sekitar tahun 1.900, hingga terbentuklah masyarakat Islam di wilayah ini.

Adapun terbentuknya masyarakat Islam di Sulamu, berawal dari para nelayan yang beragama Islam dari Kaledupa yang memasuki daerah Sulamu sekitar tahun 1918, hingga terbentuklah masyarakat Isla di Sulamu.

Ihwal terbentuknya masyarakat muslim di Babau, bermula setelah masuknya para nelayan yang beragama Islam (berasal dari Pulau Butung-Sulawesi) untuk menangkap ikan ke daerah ini. Kemudian masuklah pedagang-pedagang Bugis, Makasar dan Solor untuk berniaga.

Masuknya Ahmad Horsan ke Tainbira untuk berniaga dan berdakwah, pada tahun 1952, ia berhasil mengislamkan masyarakat Tainbira. Begitupula, masyarakat Islam terbentuk di Camplong sekitar tahun 1955, setelah menetapnya Hamid dan Mahmud  yang datang untuk mencari nafkah. Masyarakat Islam juga terbentuk di Takari sejak 1955, saat masuknya keluarga Aqlis untuk membeli hewan untuk diperdagangkan. Sedangkan masyarakat Islam di Naikliu terbentuk ketika para pedagang dari Sulawesi memasuki wilayah ini sekitar tahun 1975.

Daerah Fatu Besi Kupang di mana masyarakat Islam terbentuk sekitar tahun 1653

Daerah Fatu Besi Kupang pada mulanya merupakan tempat persinggahan dari dua orang nelayan Solor yang beragama Islam. Mereka terdampar di Kupang sekitar tahun 1613. Setelah itu menyusul datangnya orang-orang Islam dari Solor ke Kupang dan mereka ikut menempati daerah Fatu Besi Kupang. Akhirnya sekitar tahun 1653, terbentuklah masyarakat Islam di Fatu Besi Kupang.

Di luar Kupang, masyarakat Islam juga terbentuk di Oesalain (Pulau Semau) tahun 1920, Pulau Rote (Papela, Kecamatan Rote Timur) sekitar tahun 1850. Selanjutnya juga terbentuk di Oelaba (Kecamatan Rote Barat Laut), Batu Tua, Oenggae dan Ndao.

Pada tahun 1925, masyarakat Islam di Baa secara gotong royong membangun sebuah surau. Pada tahun 1930 di bangun Masjid An-Nur Baa berukuran  7×9 meter.  Pada tahun 1.900, masyarakat Islam di Papela membangun surau pertama atas inisiatif dari Habib Alwi Gudban.

Setelah masyarakat Islam terbentuk di Kupang tahun 1653, selanjutnya masuklah pedagang-pedagang turunan Arab yang beragama Islam dari Semarang ke Kupang (tahun 1812), pedagang Islam dari Sumba (1860), pedagang Islam dari Aceh (1885), nelayan-nelayan beragama Islam dari Pulau Butung (1895) serta pedagang-pedagang Bugis dan Makasar (1957), disusul pula dengan masuknya para pencari nafkah dari daerah-daerah lain di Indonesia, hingga terbentuk masyarakat Islam di Kota Kupang.

Syech Abdul Kadir bin Djailani sangat berperan dalam membentuk masyarakat muslim di Fatu Besi Kupang. Selain itu ada pula Atu Laganama (berasal daro Solor Lamakera), Sengadji Susang dan Abdurrahman dari Benggala yang ketika itu ikut mendirikan surau dan mengadakan pengajian. Kemudian ada Imam Sya’ban bin Sanga dan Badaruddin.  Berkat kerjasama Imam Sya’ban dan Keluarga Badaruddin, maka terbentuklah dua kelompok masyarakat Islam di Airmata Kupang. 

Sumber: http://voa-islam.com/

About these ads

About Patris Allegro

native Timorese, clasiccal-music lover, existensialist on the street....

Posted on November 29, 2011, in Sejarah and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 38 Komentar.

  1. di republik ini, banyak orang ketakutan kalau sebut timor raya. Padahal, sebetulnya timor raya itu sama saja kalau kita kataakan, indonesia raya, malang raya, jalan raya dan raya-raya yang lain.

  2. Assalamualaikum.saya ingin bagi komentar sikit tentang sejarah dan perkembangan islam di kab.alor.ntt. Sejarah islam yg ditulis oleh org umapura adalah salah. Islam dibawa kealor oleh sultan najamudin,bukan nya iang gogo. Dan alquran tertua di indonesia adalah milik sultan najamuddi.sy adalah pewaris alquran tersebut.

  3. Kpd yg mahu cari kebenaran sejarah alor,ntt. Cari lah di desa bampalola,kec.abal.tempat ini sangat terpencil di pergunungan,yaitu gunung raja. Di sana lah manusia pertama lahir ke muka bumi alor tanpak bapak dan ibu. Dia keluar dari dalam tanah dngan sendirinya. Nama nya adalah raja tanah..dan tempat beliau keluar dari dalam tanah ber nama tula gadong.

    • Terimakasih atas informasi ini. Saya pernah mendengar juga cerita tentang manusia pertama dari Alor. Nanti kalau ada waktu saya mau jalan-jalan ke Alor dulu sambil mengorek-ngorek lebih jelas tentang kisah tersebut.

  4. Saya tanyak sedikit tentang rom ini.maklumlah saya uda 15 thn di malaysia,jadi sy kuran ngerti tentang ruangan ini.apakah ruangan komentar ini untuk semua wilayah ntt atau gimana?

    • Tentu, terbuka untuk siapa saja yang mau berkomentar. Terimakasih, wah sudah lama sekali ya di Malaysia. Pasti sukses hidup di Malaysia, sebab di Indonesia, kami sedang memprotes pemerintah yang tidak peduli dengan rakyatnya…:)

      • Saudara ahlahat,saya ngak la sukses tapi ok lah.saya sebenar nya rindu pada kampung,tapi sekarang anak 2 saya masih kecil,lagian istri saya orang malaysia..tu la susah mau pulang.tapi sekarang,saya ada niat mau pulang,tapi sy ngak tahu kapan saya akan pulang.

      • He he,mudah-mudahan suatu saat bisa balik ke kampung halaman. Biarlah untuk sementara di Malaysia dulu bersama keluarga. Yang penting tetap sehat dan sejahtera!

  5. Kalau pemerintah indonesia mahu naik kan harga minyak boleh,ngak ada masalah,tapi pemerintah indonesia harus ya,harus naikan juga gaji pekerja.
    Masalah yang palin besar adalah: rakyat yang miskin,rakyat yang ngak punya kerja,apa kan jadi pada mereka?
    Kepada pemerintah indonesi,saya mohon,utama kan rakyat dari pembangunan.
    Buat apa kita bina gedung yang tinggi kelangit,tapi rayat ikat perut. Jangan kita jajah rakyat kita sendiri. Bisa ngak indonesia?

    • Saya juga setuju seperti itu. Tapi para pejabat Indonesia masih sangat korup. Beda dengan di malaysia yang sudah lebih maju dan makmur…

      • Tenks sudara ahlahat.
        Indonesia ingin menjadi negara maju? Kalau indonesia ingin menjadi negara maju,perangilah korup habis habisan,sebap korup adalah penjajah terbesar negara.kalau bisa,indonesia menumbuhkan satu badan,dan memberi kuasa penuh untuk mejalan kan siasatan dan menangkap para pelaku korup..korup ini ngak bisa di biarin.

      • Terimakasih atas dukungannya. Mudah-mudahan semua rakyat Indonesia mau sadar akan pentingnya kemajuan hidup berbangsa dan bernegara!

      • Saya sebenar nya,sangat kecewa dan kesal,melihat,dengar dan ikut perkembangan indonesia.

      • Ya, kepercayaan terhadap pemerintah Indonesia sudah sangat mmenurun. Harap pemerintah berikutnya sesudah presiden SBY bisa lebih baik!

  6. Tenks atas doa nya.
    Kalau saudara mahu mengorek sejarah alor,di kampung bampalola ada sebuah rumah adat yang bernama fetlakatuli.cerita rumah adat ini sangat unik sekali. Dari seni ukiran yang terdapat di tiang nya.
    Menurut cerita orang kampung,tiang pertama rumah adat tersebut,timbul dari dalam tanah lengkap dengan ukiran nya.
    Dan aneh nya,tiang tersebu,hanyak di jumpai oleh se ekor anjing.

  7. Smat pagi saudara2 ku di flobamora pa kabar semua? Moga dalam keadaan sehat selalu.

  8. sebenar nya saudara ahlahat,islam di bawa ke alor oleh sultan najamudin,bukan iang gogo dll. Mereka adalah anak murid sultan najamudin.
    Cerita sejarah yang tersebar luas di alor adalah tidak benar, orang yang bilang iang gogo yang bawa islam ke alor,saya boleh saman dia,saya boleh bawa ke mahkamah.

  9. salam sejahtera kepada saudara ahlahat.
    Terima kasih atas niat saudara yang ingin ke alor untuk mengorek sejarah alor.
    Di sini saya ingin menasehati saudara: kalau saudara ada niat mahu ke kampung bampalola, saudara harus mengetahui pantang larang nya.
    Saudara mesti sampai ke tempat(kampung) tersebut,tidak boleh balik di tengah jalan,kalau belum sampai ke kampung tersebut,karna akan membawa kepada pendek umur.
    Jangan menggambar sembarangan,minta izin dulu,karna boleh merusak kan kamera andak.jangan menghina kampun tersebut,karna bisa membawa celaka

  10. assalam..wr wb..
    untuk saudara/akhi Aklahat, mohon dengan sangat untuk menjelaskan secara detil tentang islam masuk ke NTT, sebab ini merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab seorang muslim yang memahami tentang sejarah islam masuk ke NTT,kami sebagai warga muslim yang memeluk agama iaslam pada belakangan ini sangat dan berharap agar kawan-kawan yang lebih mengetahui tentang sejarah islam masuk ke NTT agar dapat dijelaskan dengan baik agar tidak timbul kekeliruan bagi pembaca dan komentator yang akan membaca tulisan ini. sebab ini snangat penting bagi umat islam di NTT dan pada umumnya indonesia….

    • Waalaikumsalam wr.wb. Saya masih terus berupaya menelusuri sejarah masuknya Islam di NTT. Saya tertarik sekali sebab di kampung halaman saya di Oeekam TTS ada banyak teman muslim. Agak berbeda dengan Muslim NTT pada umumnya yang kebanyakan adalah masyarakat daerah pesisir. Terimakasih atas kunjungan ke sini dan salam kenal!

      • Salam kenal dari malaysia buat saudara akhlahat,saya rajap ali,berasal dari kampung bampalola,alor,ntt. Saya juga pernah tulis komentar ke ruangan saudara.
        Ini alamat saya di facebook:http//facebook.com/rajap.b.ali.
        Kepada kawan2 di flobamora,boleh lawati saya di alamat trsbt ok..

  11. SULTAN NAJAMUDIN
    (OIL LELANG)
    PENYIAR ISLAM DI ALOR NTT.

    Sejarah dan perkembangan islam di alor:
    sultan najamudin dilahirkan pd tahun 1425 di labang bampalola,di bawah gunung raja.
    Bapak nya bernama LELANG AUMAIL,dan ibu nya bernama LILO LAPE.
    Pada tahun 1440 masehi,yaitu ketika umur beliau 15 tahun,beliau di bawa ke pulau jawa oleh orang jawa,yaitu di grisik jawa timur.
    Selama beliau di jawa,beliau belajar agama islam dgn tekun. Beliau tinggal di grisik selama 29 tahun(1440-1469).selesai beliau belajar,beliau di gelar sebagai sultan.
    Pd tahun 1470,beliau kawin dengan seorang putri dari gresik bernama STANING.
    PADA tahun itu juga(1470) beliau bersama istrinya kembali ke alor untuk menyebarkan islam di alor.tempat pertama yg mereka singgah adalah alor besar.
    Di alor besar,beliau mulai berdakwah pd masyarakat setempat,tapi sayang,tiada sambutan,sambutan yg beliau terima hanyak lah cacian,hinaan,ejekan,tempat sembahyang beliau di lemparkan najis,bahkan ketika beliau sedang sujud pun,di umban dgn batu.
    Pada masa itu,penduduk alor menyembah animisme:
    Menyembah patung,gunung,matahari dll,ada juga penduduk alor yg sudah beragama kristian yg di bawa oleh portugis.
    Karna beliau tidak betah dgn sikap orang alor besar,beliau bersama istrinya pindah ke ba apong(bampalola) ,beliau tinggal di situ selama 9 tahun(1471-1480).
    Pd tahun 1480,beliau dan istrinya dan 3 orang teman nya kembali ke jawa untuk mendalami islam.
    Antara 3 orang teman beliau:
    1) Awolah dari wawae.
    2) Duil pen dari lakwang (desa o’a mate)
    3) Singa maha dari pantai (alor besar).
    Selama mereka di grisik,yaitu pd tahun 1481,istri beliau wafat dan di makam kan di grisik,tempat kelahiran nya.
    Pd tahun 1484,mereka kembali ke alor untu melanjut kan dakwah islam.
    Pd tahun 1485,beliau di jodohkan dgn seorang putri dari o’amate bernama HULTENG BUNGHARING.Dari perkawinan ini, beliau di kurniakan 2 orang putra, yaitu: ALAM OIL DAN MO OIL. Tapi mo oil wafa pd usia kanak kanak.
    Beliau jadikan kampungnya bampalola sebagai: pusat dakwak,pusat pendidikan,pusat pemerintahan dan kebudayaan.beliau membangun kan mesjid pertama di alor yg bernama masjid sirotol mustakim bampalola.
    Karna ada nya pusta pendidikan,maka,orang dari luar bampalola datang untuk mempelajari islam. Antara nya: Iang gogo, raja umar bara,raja bawlolog.dll.
    Karna jasa beliau lah,islam berkembang subur di bumi alor.
    Sultan najamudin wafat pada tahun 1527 masehi dan di makamkan di dalam mesjid al-ansar hulnani.
    Usia beliau 102 tahun 1425-1527.
    Menjelang 2 tahun,istri beliau pun wafat,dan di makam kan dekat makam suami nya.

    Dari cucu beliau: rajap ali di malaysia

  12. islam di bawa masuk ke alor oleh sultan najamudin pd tahun 1470 masehi. Maka pda pengamatan sy,islam di nusa tenggara timur pd awal nya adalah di alor,yaitu alor besar.
    Dan coba saudara buktikan pd saya atau masyarakat alor,bahwa iang gogo yg membawa islam ke alor,dari tahun berapa iang gogo bawa islam ke alor,sedangkan kisah sultan najamudin pernah diajarkan di sekolah sekolah alor.bahwa sultan najamudin adalah pembawa agama islam ke alor,kenapa dan mengapa mereka tidak mahu mengalah?
    Coba kalau bukti tulisan sy kurang jelas tentang pembawa islam ke alor oleh sultan najamudin,coba andak ke grisik jawa timur,coba buat kajian tentang sejarah islam alor,sebab,istri sultan najamudin yg pertama yg bernama stanin(seorang putri dari grisik jawa timur)juga menolog suami nya untuk menyebarkan islam di alor.

  13. SEJARAH MULA NYA ISLAM MASUK KE NTT.

    ISLAM masuk ke ntt pada abad ke 14, yaitu pada tahun 1470 masehi.
    Tempat pertama masuknya islam di ntt adalah alor besar di kabupaten alor,yg di bawa oleh putra kelahiran bampalola bernama SULTAN NAJAMUDIN(OIL LELANG).
    Sebenarnya pulau alor yang paling awal menerima kedatangan islam di nusa tenggara timur.

  14. sebenarnya jou gogo,iang gogo,mereka ini bukan pembawa islam ke alor,sebab,pd abad ke13,yang datang ke alor hanyak lah agama kristian yg di bawa oleh orang2 portugis dan belanda.
    Itu cuma karangan mereka,alquran tertua yg di simpan di alor besar,karna mereka adalah anak murit kpd sultan najamudin, itulah mereka di benarkan untuk menjaga alquran tersebut. Tapi saya sudah tahu macam ni, jangan harap mereka menjaganya lagi,sy berjanji, sy akan ambil balik alquran tersebut.

  15. waalaikumsalam,saudara abd hakim,islam pertama kali masuk ke wilayah ntt,yaitu di alor pada abad ke 14,yaitu pada tahun 1470 masehi.islam di bawa ke alor oleh sultan najamudin.

  16. RUMAH ADAT TERTUA DI DUNIA

    Rumah adat tertua di dunia,terdapat di kampung bampalola kabupaten alor ntt indonesia,nama rumah adat tersebut adalah lakatuli.
    Tiang rumah adat tersebut yg pertama timbul dari dalam tanah siap dgn ukiran nya dan di jumpai oleh se ekor anjing.

  17. selagi pemda alor tidak merubah sejarah alor,sy tetap menentang pemda alor.

  18. 7ebenarnya,kalau kita buat kajiaan yg betul, islam sebenarnya,pokok nya islam ada di alor,raja nya air ada di gunug raja bampalola,wali yg kuat ilmu batin nya di dunia adalah sultan najamudin.
    Bampalola adalah tempat sujudnya para wali,sufi terkemuka dunia adalah sultan lasim,beliau berasal dari turki,kuburan nya di pulau sika alor.

  19. mas brow tidak da cerita sejarah masuk di reo kow

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

mbojosouvenir™

SPESIALIS TEMPAT BIKIN JAKET, KAOS, HOODIE, VARSITY, CARDIGAN, BLAZER, KEMEJA, PIN, MUG UNTUK KELAS DAN ANGKATAN

mtmaulana

Positive Thinkring Positive Spirit

CATATAN CADERABDUL PACKER

Doyan Kelayapan, Backpackeran, Travelling, Moto, Coretan, Celotehan

Shitmen System

Ata pupu ta'an to'u. Iki lewo soga tana

Benyamin Lakitan

Research, Technology, and Innovation +Photography

FORESTER'S BLOG

JALAN - JALAN DI HUTAN

Nona's Life Journal

Smile, what's the used of crying?

ariesadhar.com

sebuah perspektif sederhana...

Matt Thomas Photography

Personal photographic website/blog looking at Action Sports, Portraiture, Landscape and Travel photography

Catatanku

Ini adalah album yang berisi catatan yang saya tulis dalam perjalanan waktu hidup. Catatan yang terinspirasi dari apa yang saya lihat, saya baca, saya dengar, dan saya rasakan.

Seneng Utami

Kekuatan dalam Kesederhanaan

Yuki Hikaru

just another wordpress site

PERCETAKAN CV. NADA GROUP - JAKARTA

Percetakan | Komputer | Desain Grafis | Foto Copy | ATK | Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

Duniaku

You Can Do More Than You Can Imagine

senibenni

berkarya dalam bentuk rupa

@NotedCupu Mahasiswa "Imigran"

Di Bawah Lindungan AC Yang Terkutuk| #NotedCupu

KEMBARA KEHIDUPAN SEORANG THEOFILUS NATUMNEA

"Melayani dengan Setulus Hati"

Return to Rai Ketak

Ruminations on Timor my (once) island home

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.382 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: