Apakah Orang Timor Miskin?

English: The Indonesia-Timor Leste border

The Indonesia - Timor Leste Border

Kalau kau mengajukan pertanyaan tersebut kepada orang-orang Timor, maka sudah dipastikan kau akan mendapatkan minimal kata makian sebagai jawabannya. Kalau tidak kau pasti akan dihajar habis-habisan?

Mengapa?

Tentu saja pertanyaan itu sepertinya benar-benar menikam ulu hati orang Timor. Pada kenyataannya, kata orang Timor, kami ini sangat kaya, tapi dimiskinkan oleh sistem. (ah, ini bahasa diplomasi).

Kalau merujuk pada penelitian-penelitian yang dilakukan selama ini (penelitian yang mana, ga jelas nih) umumnya kawasan Timur Indonesia masih dikategorikan terbelakang dibanding saudara-saudara mereka di bagian barat Indonesia. Kenapa ya? Memang tidak heran. Jaman kolonialisme Belanda yang bercokol selama hampir tiga setengah abad di Nusantara memang berkiblat di kawasan Barat Indonesia. Kawasan Timur dikuasai oleh Portugis dan Spanyol yang lebih berjuang untuk Glory dan Gospel ketimbang Gold.

Sampai sekarang ini pun pulau TImos, salah satu kawasan di Nusa Tenggara Timur ini masih menderita kemiskinan. Tahun lalu terjadi rawan pangan yang hebat. Diberitakan banyak orang mati kelaparan di pedalaman TTS. Berita-berita di koran memang cenderung mengutamakan etika. Para pejabat daerah setempat berusaha menutupi bencana tersebut dengan eufemisme (orang Indonesia memang hebat kalau untuk eufemisme). Kenyataannya, setiap musim tanam, (biasanya awal Desember memuncak pada Februari hingga April dan Mei) paling kurang di kampung saya ada orang yang mati kelaparan. Lalu eufemisme untuk ini apa ya?

Orang Timor juga benar kalau mengatakan mereka kaya. Mengapa? Banyak cendana. Banyak batumangan, marmer, bahkan disebut-sebut pula ada emas dan segala macam bahan tambang menggiurkan lainnya. Tapi lagi-lagi mau diapakan bahan galian tersebut? Soalnya keahlian orang Timor adalah “menanam jagung di kebun kita”.

Kelihatannya Pak Gubernur mencoba mengekspos keahlian khusus orang Timor ini dengan membikin program propinsi Jagung. Hasilnya? Dari pertemuan ke pertemuan, dari pidato ke pidato semua pejjabat ngomong jagung doang, tapi makannya tetap dipesan dari McDonal dan KFC. Ngga Percaya?

Ya Timor kaya cendana. Itu dulu. Timor punya marmer tapi mereka cuma diupah untuk menggali. Sekarang mereka juga punya batumangan. Lagi-lagi mereka cuma orang upahan di lahan sendiri.

Tanah Timor memang diberkahi dengan sumber daya alam yang melimpah. Sayangnya (ini dia) SDMnya yang masih lemah. tanya kenapa?

Itu, tuh, prinsip orang Timor “Nekaf mese ansaof mese”, artinya sehati seperasaan. Tanpa sadar orang Timor sebenarnya menganut keseragaman. Perbedaan, terutama perbedaan status sosial itu ancaman keutuhan Atoin Meto. Tak heran kalau Teku yang merajalela diAmanatun itu sekedar teror buat orang yang hidupnya berkembang dan maju.

Ternyata, susah ya jadi orang Timor.

Yang menyenangkan adalah bahwa, orang Timor kalau keluar dari Tanah Timor dan merantau di tanah orang kehidupannya menjadi jauh lebih baik.  Timor tanah terberkati atau tanah terkutuk?

He he just curhat :) Apa saja pendapatmu?

About these ads

About Patris Allegro

native Timorese, clasiccal-music lover, existensialist on the street....

Posted on Februari 9, 2012, in Budaya and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Bukan tanah terkutuk melainkan masyarakat terbatasi oleh hukum2 adat yang berlaku. hal serupa juga masih kompleks di timor leste saat ini(alasan umumnya yaitu apabila kekayaan tersebut dimanfaatkan maka para roh leluhur akan marah dan mendatangkan malapetaka dsb ). nice post bro. salam buat saudara2 di timor barat

  2. yah…walaupun gw orang timor/china …. gw sayang bnget ama negara timor leste…. tanah air beta kkkkkk timor leste itu kaya… kkkk dan orang orang timor leste juga pada ramah semua… kkkk tapi dikit kasar kkkk tapi mereka baik kok…hehehe i love you my east timor ♥ semoga menjadi negara yang maju dan selalu damai hehehe ♥

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

CATATAN CADERABDUL PACKER

Doyan Kelayapan, Backpackeran, Travelling, Moto, Coretan, Celotehan

Shitmen System

Ata pupu ta'an to'u. Iki lewo soga tana

Benyamin Lakitan

Research, Technology, and Innovation +Photography

FORESTER'S BLOG

JALAN - JALAN DI HUTAN

Nona's Life Journal

Smile, what's the used of crying?

ariesadhar.com

sebuah perspektif sederhana...

Matt Thomas Photography

Personal photographic website/blog looking at Action Sports, Portraiture, Landscape and Travel photography

Catatanku

Ini adalah album yang berisi catatan yang saya tulis dalam perjalanan waktu hidup. Catatan yang terinspirasi dari apa yang saya lihat, saya baca, saya dengar, dan saya rasakan.

Seneng Utami

Kekuatan dalam Kesederhanaan

Yuki Hikaru

just another wordpress site

PERCETAKAN CV. NADA GROUP - JAKARTA

Percetakan | Komputer | Desain Grafis | Foto Copy | ATK | Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

Duniaku

You Can Do More Than You Can Imagine

senibenni

berkarya dalam bentuk rupa

@NotedCupu Mahasiswa "Imigran"

Terkadang Pemikir, Terkadang Gak, Terkadang Edan | #NotedCupu

KEMBARA KEHIDUPAN SEORANG THEOFILUS NATUMNEA

"Melayani dengan Setulus Hati"

Return to Rai Ketak

Ruminations on Timor my (once) island home

ManaShines

Sharing Ideas about Anything,..

Dg Situru'

catatan refleksi & pemikiran

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.373 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: