Meratapi Kenaikan Harga BBM

Tanya kenapa?

English: Pertamina Logo, corporate design guid...

Image via Wikipedia

Ketika pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak), serta merta meledaklah protes di mana-mana.  Banyak orang tidak setuju. Pernyataan protes itu mewujud dalam berbagai bentuk baik itu demo terang-terangan maupun melalui ngobrol (doang) via socmed.

Protes beramai-ramai ini cukup masuk akal: kenaikan BBM akan memicu inflasi, melambungkan harga-harga barang dan orang miskin, dengan daya beli yang rendah semakin dilanda sengsara membawa nikmat. Dengan kata lain, kenaikan harga BBM menyusahkan rakyat. Jadi, kalau bisa, jangan menaikkan harga BBM, *biar dia naik sendiri :)*

Menurut analisa Badan Pusat Statistik (BPS),  dengan asumsi pendapatan masyarakat tetap, diperkirakan kenaikan inflasi sekira 10 persen akan meningkatkan jumlah penduduk miskin menjadi 30 persen. Bukan cuma itu, daya beli masyarakat kelas menengah ke bawah akan terpangkas sebesar 35 persen akibat efek ganda kenaikan harga BBM dan inflasi.  http://economy.okezone.com/

***

English: Pertamina filling station, Bali Islan...

Image via Wikipedia

Konon, Indonesia adalah salah satu negeri dengan harga BBM yang murah meriah, karena disubsidi oleh pemerintah. Meski disubsidi oleh pemerintah melalui APBN, kau amati saja bagaimana mental orang negeri nyiur melambai ini memboroskan BBM.

Ada ojek dan bus travel di mana-mana. Mobil angkot dan bus umum dipandang rendah, hanya cocok bagi kelas tak berduit. Fenomena ini menunjukkan betapa besarnya nafsu orang-orang yang tak sabaran untuk sampai ke tempat tujuan, selain karena berhala terhadap diri sendiri: Gengsi ah jalan semobil berdua, bertiga, berempat dst. Enakkan kita sendiri: ekslusif!  Mumpung BBM tak begitu mencekik dan kredit sepeda motor ga pake uang muka: punya Honda untuk ke pasar, ke Sekloah pakai Yamaha, ntar kalau ke mall pake honda beat. Satu keluarga bisa punya enam sampai tujuh kendaraan. *Lu iri ko? | He he he!*

Lagipula tak usah diuraikan lagi betapa ugal-ugalannya para pengendara sepeda motor. Hampir setiap hari, kalau kau amati dengan cermat, di Kota Kupang, para polisi lalulintas sering mendapati mereka yang tak punya lisensi dan surat registrasi kendaraan. — *apa hubunganyanya dengan harga BBM?* — Entah!

Namun ketika harga BBM naik, sertamerta semuanya seolah memihak rakyat miskin. Seakan-akan kenaikan harga BBM adalah lebih ngeri dari Kiamat 2012 menurut dongeng Suku Maya.

***

Gejolak harga minyak dunia sebenarnya sudah mulai terlihat sejak tahun 2000. Tiga tahun berikutnya harga terus naik seiring dengan menurunnya kapasitas cadangan. Ada sejumlah faktor penyebab terjadinya gejolak ini, salah satunya adalah persepsi terhadap rendahnya kapasitas cadangan harga minyak yang ada saat ini, yang kedua adalah naiknya permintaan (demand) dan di sisi lain terdapat kekhawatiran atas ketidakmampuan negara-negara produsen untuk meningkatkan produksi, sedangkan masalah tingkat utilisasi kilang di beberapa negara dan menurunnya persediaan bensin di Amerika Serikat juga turut berpengaruh terhadap posisi harga minyak yang terus meninggi. (Republika Online, Selasa 28 Juni 2005). 

Hal ini kemudian direspon oleh pemerintah di beberapa negara di dunia dengan menaikkan harga BBM. Demikian juga dengan Indonesia, DPR akhirnya menyetujui rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak pada hari Selasa 27 September 2005 sebesar minimal 50%. Kebijakan kenaikan harga BBM dengan angka yang menakjubkan ini tentu saja menimbulkan dampak yang signifikan terhadap perekonomian sehingga kebijakan ini menimbulkan banyak protes dari berbagai kalangan. Keputusan pemerintah menaikkan harga bensin, solar, dan minyak tanah sejak 1 Oktober 2005 akibat kenaikan harga minyak mentah dunia hingga lebih dari 60 Dolar AS per barel dan terbatasnya keuangan pemerintah ini direspon oleh pasar dengan naiknya harga barang kebutuhan masyarakat yang lain. Biaya produksi menjadi tinggi, harga barang kebutuhan masyarakat semakin mahal sehingga daya beli masyarakat semakin menurun. Secara makro cadangan devisa negara banyak dihabiskan oleh Pertamina untuk mengimpor minyak mentah. Tingginya permintaan valas Pertamina ini, juga menjadi salah satu penyebab terdepresinya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. (Metrotvnews.com, 28 September 2005). 

Apapun yang terjadi harga BBM selalu akan menanjak. Berkala. Alasannya bisa banyak. Tapi hemat saya, hasil bumi perlahan tapi pasti terus menipis dan tentu saja BBM menjadi langka. Sementara bahan bakar alternatif masih membutuhkan penelitian yang panjang. yang perlu dilakukan para pejabat kita adalah menyikapi dampak yang pasti akan terjadi. Dengan bijaksana! Niscaya, dampak yang sebenarnya bersifat sementara itu bisa teratasi.

Persoalan kita sebenarnya bukan pada harga BBM. Kau tahu, apa persoalan yang sebenarnya.Harga BBM naik atau tidak naik, selama negeri kita yang kaya raya ini dipimpin oleh orang-orang rakus, maka jurang antara si kaya dan si miskin akan terus bertambah lebar.

Daripada meratapi kenaikan harga BBM mari kita mulai dengan mendidik anak-anak dalam keluarga sendiri dengan nilai-nilai kejujuran dan kebenaran, kesederhanaan dan ugahari. Ini satu hal penting yang sudah sangat diabaikan oleh manusia modern sekarang ini.***

About these ads

Tentang Patris Allegro

native Timorese, clasiccal-music lover, existensialist on the street....

Posted on Maret 6, 2012, in Ekonomi & Bisnis, Refleksi and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

senibenni

berkarya dalam bentuk rupa

@NotedCupu Mahasiswa "Imigran"

Terkadang Pemikir, Terkadang Gak, Terkadang Edan | #NotedCupu

KEMBARA KEHIDUPAN SEORANG THEOFILUS NATUMNEA

"Melayani dengan Setulus Hati"

Return to Rai Ketak

Ruminations on Timor my (once) island home

ManaShines

Sharing Ideas about Anything,..

Dg Situru'

catatan refleksi & pemikiran

Seluz Fahik's Blog

Here I go... Can't stop writing now!!

Gusndut Belog

catatan tak bernilai

Nunna Lita

i'm a little physic holic with big dreams, love n imaginations :)

White Chrysant

As white as a white love

Forum SoE Peduli

"Manekat Neu Pah Timor"

Musafir MSF

Misionaris Keluarga Kudus - Provinsi Kalimantan

IKATAN KELUARGA KATOLIK SUMATERA UTARA

DOA, PERSAUDARAN DAN CINTA KASIH

arintacerita

suka cerita suka jalan-jalan

Alfons Sebatu

Just another Alfons Sebatu's activities

Sandry Boy Sandy

Berpikir Kritis, Menggali Kreatifitas, Tidak Pernah Mengeluh Dan Tetap Semangat, Serta Tetap Tersenyum Meski Tersenyum Dalam Kesedihan

Rona Lembayung Senja

Menemukan Hikmah, Ilmu dan Segala Amal Sholeh

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.220 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: