Tanah Timor

BACA JUGA YANG INI: http://romopatris.blogspot.com/2010/05/timor-nama-dan-identitas.html

Timor adalah sebuah pulau di Indonesia, terbagi antara negara merdeka Timor Leste (Timor Timur) dan Timor Barat, yang termasuk dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur di Indonesia.

Luas Pulau Timor sekitar 30,777 km². Nama pulau ini diambil dari kata “timur”, bahasa Melayu untuk timur; dinamakan demikian karena terletak di ujung timur rantai kepulauan Sunda Kecil. Ada juga spekulasi yang menyatakan bahwa nama Timor berasal dari bahasa Latin ‘timere’ yakni nama pemberian dari para misionaris Katolik dari Portugis dan Spanyol ketika menginjakkan kaki di Nusa Cendana harum mewangi ini. Timere sendiri artinya “takut”, mungkin karena para penduduk asli lari ketakutan melihat kedatangan bangsa kulit putih tersebut.

Pada bagian selatan dan tenggara Timor terletak negara Australia. Pada sebelah barat laut adalah pulau Sulawesi dan pada arah barat ialah pulau Sumba. Pada sebelah barat-barat laut Timor adalah kepulauan Flores dan Alor, dan pada sebelah timur laut terletak Kepulauan Barat Daya, termasuk Wetar.

Timor, bersama dengan Kepulauan Sunda Kecil pada barat laut dan kepulauan kecil lainnya pada timur laut, ditutup oleh hutan kering tropika. Banyak pohon yang gugur daunnya pada musim kemarau.

Menurut mitos rakyat setempat, pulau Timor dulunya adalah seekor buaya raksasa. Mitor ini sangat kuat hidup di bagian timur. Orang Timor Leste sendiri menamakan daerahnya secara tak resmi dengan “The Sleeping Crocodille” sang buaya tidur.

Pulau Timor telah terbagi menjadi dua bahagian selama berabad-abad: Timor Barat, yang dikenali sebagai “Timor Belanda” dari tahun 1800-an hingga 1949 ketika ia menjadi “Timor Indonesia”, sebuah bahagian dari negara Indonesia yang terbentuk dari bekas Hindia Belanda; dan Timor Timur yang dikenali sebagai Timor Portugis dari tahun 1596 hingga 1975. Wilayah Timor Timur juga mencakupi kawasan yang dinamakan “Enclave Oecussi-Ambeno” di Timor Barat. [Sebelumnya bahkan mencakup wilayah Noemuti, di Timor Tengah Utara, sebagai enclave dari Ambeno!]. Belanda dan Portugis tidak menyelesaikan masalah perbatasan ini secara resmi hingga 1912.

Timor Timur (‘Tim-Tim’) menjadi sebahagian dari Indonesia tahun 1976 sebagai provinsi ke-27 setelah Gabenor Jeneral Timor Portugis terakhir Mario Lemos Pires melarikan diri dari Dili setelah tidak mampu mengawal keadaan yang pada masa itu berlakunya perang saudara.

Amerika Serikat dan Australia “merestui” tindakan Indonesia karena takut Timor Timur menjadi kubu komunisme terutama karena kekuatan utama perang saudara Timor Timur. Namun PBB tidak menyetujui tindakan Indonesia. Setelah pemungutan suara yang diadakan tahun 1999 di bawah perjanjian yang ditaja oleh PBB antara Indonesia dan Portugis, kebanyakan penduduk Timor-Timur tidak setuju dengan autonomi yang ditawarkan oleh Indonesia. Timor-Timur menyatakan kemerdekaannya pada tahun 2002 dengan sokongan luar biasa daripada PBB.

Bagi NKRI Timor adalah daerah terdepan untuk perbatasan dengan Timor Leste dan Australia. Timor kini sedang dalam geliat membenah diri. Semoga Tuhan memberkati Pulau TIMOR berserta segala isinya! Amin.

  1. Hingga sekarang soal nama timor masih simpang siur asal katanya dari mana. Ada yg berspekulasi asalanya dari melayu (timur), atau timere dari latin misalnya….Timor bisa saja diambil dari kata “Temuru” bahasa fataluku (bahasa yang dipakai di distrik Lospalos atau Lautem). “Temuru” artinya musim tanam…mungkin karena bangsa portugis lidahnya cukup sulit menyebut temuru jadi ya timor…misalanya mereka menyebut Lospala atau lolospala (original) menjadi Lospalos…Lauteinu menjadi Lautem (nama distrik)….

  2. hingga generasi sekarang ini yg penuh dengan alat moderen namun sebagian org timor masih dibodohi oleh org2 yg ingin berkuasa di wilayah timor dan sedikit org timor yg sadar namun belum menyatakan tekat untuk mengejar kebodohan itu,,,org timor asli itu disebut to’a sikiki hae’ keo’. sampai sekarang org timor itu belum punah dan dikejar oleh org2 luar timor untuk dibodohi

  3. memang menyedihkan. beruntung kalau orang timor sendiri sudah punya kesadaran untuk mengejar ketertinggalan. Terimakasih atas kunjungan ke sini :D

  4. Sebenarnya, Timor itu satu,,,portugal n belanda sendiri yg membakikan,,,,kalo tidak kita sudah satu negara,,,ahaha,,anyway,,,,hidup didaratan sama,,,masih,,saudara and kolega,,,nice web,,,bro,,,,

    • betul sekali saudara, hanya memang kita tak sanggup mengubah sejarah. Ya, beda negara juga ga apa-apa kok… yg penting kita tetap bersaudara :) Makasih atas kunjungannya ke sini. Salam kenal!

      • Gusty Tefa ( Putra Timor )

        Walaupun Timor Sudah Terbagi,,Namun Hati Orng Timor Masih Tetap Satu,,,Nekaf Mese Ansaof Mese,,( Timor Ida Deit )

      • Setuju, nekaf mese ansaof mese tala ntea nabal-bal! :P

      • Memang kita tidak mampu mengubah sejarah tetapi kita orang timor mampu untuk membuat sejarah baru untuk anak cucu kita… marilah kita bersatu dan tunjukan kepada dunia bahwa kita berhak menjadi satu bangsa dan layak hidup sejajar dengan semua bangsa manapun dimuka bumi ini..

      • Setuju, mari jangan melupakan sejarah!

  5. arief pribadi nirwasita

    Teringat kembali di pulau timor…11 tahun saya di Dili-Timtim dan 1 tahun di Oecussi,setelah merdeka kami sekeluarga hijrah ke kefamenanu selama beberapa bulan dan sempat merasakan hiruk-pikuknya kota kupang yg katanya “metropolitan” nusa tenggara sebelum akhirnya kami semua benar2 menetap di pulau jawa dan kembali ke kampung halaman kami. Jujur, saya cinta pulau timor mulai dari tanahnya,udaranya yg sejuk (kefa,noemuti,soe,camplong),keakraban penduduknya,kepolosan warganya tentang kebaikan,dan satu lagi disana benar2 membuat saya nyaman tanpa satu kali pun saya merasa cemas…terimakasih kolega,karena anda memori saya kembali terbuka dan ingin kembali kesana.

    Semoga sukses Selalu

  6. timor adalah nama alat pemintal kapas menjadi benang dari bahasa bunaq (Lamaknen sekitarnya) akar katanya ti’i berarti ikat dan mor berarti berputar dan memang kenyataanya bahwa alat ini dipergunakan dengan cara mengikat ujung kapas lalu diputar untuk menghasil benang untuk membuat kain tenun. Dalam perkembangan lafal dan tulisan menjadi timor. Alat pintal ‘Timor’ ini dimiliki oleh setiap keluarga dalam kehidupannya karena saat itu, belum ada industri pakaian seperti saat ini. Orang-orang yang berada di pulau ini menggunakan kain tenaunan mereka. Setiap orang yang datang ke pulau ini akan teringat dengan ‘timor’ karena setiap rumah atau keluarga memilikinya. Maka orang di pulau ini turut mengukuhkan diri sebagai orang Timor yang tentunya tinggal di pulau timor. Yun Koi Asa, Putera Bunaq-Timor.

  7. Timor tetap Timor.

  8. Hahahaaaaaaa memang betul saudara-saudaraku ,sampai sekarang ini juga saya masih bertanya – tanya soal kata TIMOR yang menjadi nama dari Pulau kita orang-orang Meto’ ini.Dari tela’ah kosa kata UABLABAN hampir tidak kita temui apa arti kata dari kata TIMOR ini dalam UABLABAN.Kita hanya mengetahui bahwa itulah nama dari pulau kita ini.besar harapan saya,semoga suatu sa’at nanti teka-teki ini bisa terjawab dengan benar.Apakah mungkin karena pulau kita ini terletak di TIMUR Indonesia,maka Arah mata angin Timur ini menjadi acuan nama pulau kita ataukah bagaimana yah.Bahkan yang lebih lucu lagi sebagian teman-temanku mengatakan alaaaaaaaaah TIMOR saja kok repot kamu memikirkan artinya,dia mengatakan gak usah susah-susah nama TIMOR ini dibrikan oleh Orang Rote,yang merupakan singkatan dari T- tanah, I – Ini, M – Milik, O – Orang, R – Rote,saya pun tercengang,dan tersentak,apa iya kah,Hehehee
    ma’af ini hanya sekedar selingan saja,mungkin nanti kita bisa mengetahui yang sebenarnya apa arti kata TIMOR dan kata bahasa manakah TIMOR ini,mulai kapankah Timor ini menjadi nama Pulau itu,dan siapakah yang memberi nama TIMOR itu,Tabe ma Nekseonbanit neukit okoke’,Uisneno nao nokan kit ma mpanat kit neu hit ao mina’ ma oeten.

  9. Adik menangis satu malam…
    Teringat akan perpisahan yang sedih ini.Kalau boleh,kakak jangan pisahkan TIMTIM dan TIMBAR….

  10. Saya setuju dengan tulisan ini, menarik dan memberikan kita informasi tentang Timor . Namun saya srankan agar setiap tulisan ini perlu dilengkapi dengan sumber yang resmi agar pembaca dapat menelusuri secara baik. Suatau saat saya harapkan agar tulisan ini dapat menambah khasanah penelitian ini dalam mengkaji berbagai hal yang ada di tanah timor. Thanks…

  11. Sebuah wawasan lama yang baru,yg kadang terluput dari pengetahuan dan pengamatan pribad per pribadi yg berada di pangkuannya,tulisan Rm. Patris ini merupakan sebuah kontribusi yg kiranya diteruslanjutkan oleh siapa pun yang mengaku lahir dari “rahim” tanah timor lelebo. Namun syang, ia bagaikan the forgotten island yang menanti uluran tangan anak2nya yang telah pergi meninggalkannya. Persolan yg kita hadapai bersama sekarang bukan mengenai asal-usul kata timor itu sendiri,(memang sejarah perlu) tapi persoalan sekarang adalah bagaimana kita membangun “Sleeping Crocodille,the forgotten island” menjadi jaya, maju, dan berkembang, bagaimana kita memerangi kemiskinan yg kian meliliti pinggang kehidupan masyarakatnya, bagaimana kita ber’go Green” untuk memelihara alam kita, sehingga bila musim hujan tiba,tidak terjadi longsor di mana2,dan bila musim kemarau tiba,kekeringan merajalela di hampir seluruh daratanya,,,itu tri tugas utama bagi kita semua..
    Salam Padre………

  12. tidak akan bersatu karena kalian belum mampu melawan jawa

  13. Howdy! I realize this is somewhat off-topic but I had to ask.
    Does operating a well-established blog like yours
    take a large amount of work? I am brand new to writing a blog but
    I do write in my diary everyday. I’d like to start a blog so I can easily share my own experience and views online. Please let me know if you have any suggestions or tips for brand new aspiring blog owners. Appreciate it!

  14. I like the helpful information you provide in your articles.
    I will bookmark your blog and check again here regularly.

    I am quite sure I’ll learn plenty of new stuff right here! Best of luck for the next!

  15. Kalo mau cari tau tentang arti nama TIMOR jangan cuman cari di Timor barat datang dan cari juga ke Timor Leste karena sejarah juga mencatat orang timor dari ujung timur sampai barat berasal dari satu nenek moyang…..Timau,Timere,timur…yg mana yg benar? jangan berhenti mencari nama timor pasti ketemu atau datang saja ke LISABON PORTUGAL mereka kan pelaut ulung waktu itu.

  16. Sejarah timor berawal dari ujung timur pulau timor (Dili), karena disanalah awal perjalanan panjang para “pemilik tanah timor”, yang konon katanya berasal dari Seram (maluku), yang kemudian berakhir di ujung barat (Kupang). masyarakat perdana yg mendiami pulau timor ini dahulunya adalah satu kesatuan (rombongan besar) yang meniggalkan seram dan berlayar menuju arah matahari terbenam kemudian sampai di tanah timor. setalah itu mereka melakukan perjalanan darat dari ujung timur sampai barat. dalam perjalanan ini rombangan besar ini kemudian terpisah, dan tersebar dari ujung timur (Dili) sampai ujung barat (Kupang).
    mngkin ini gmbaran secara garis besarnya saja tntang timor….. :-)

  17. ini adalah awal yang baik, agar semua putra-putri Timor tahu dan setelah tahu akan mencintai dan menyayangi tanah leluhur sehingga kembali untuk membangun kejayaan Timor, Insya Allah!

  18. ANGIN MUSON TIMOR TABONGKAR

    biar di blng miskin tp orng orng timor kaya hati n jg kaya harta buktinya bayar belis ratusan juta bisa koq……

  19. “Menurut mitos rakyat setempat, pulau Timor dulunya adalah seekor buaya raksasa. Mitos ini sangat kuat hidup di bagian timur. Orang Timor Leste sendiri menamakan daerahnya secara tak resmi dengan “The Sleeping Crocodille” sang buaya tidur”

    Timor memang sangat unik. Dari mitosnya saja kita akan bertanya tanya bagaimana leluhur kita tahu pulau mereka berbentuk seperti buaya sedangkan untuk melihat bentuk keseluruhan pulau itu harus dari ketinggian 600km? Bisa dilihat dengan gogle earth dengan eye alt 600km maka wilayah Timor Leste berbentuk seperti kepala buaya sedangakn Timor Barat seperti badan buaya yang terputus. Saya yakin ini bukan kebetulan.
    Satu lagi keunikannya yaitu potensi kekayaan alamnya.
    Untuk sebuah pulau tanpa gunung berapi timor mempunyai potensi panas bumi. Bisa lihat langsung cerobong gas lumpur panas di depan kantor camat Napan Timor Tengah Utara dan disekitar wilayah Oesilo – Ambeno Timor Leste.
    Dan juga dengan stigma miskin tapi dari perut pulau ini banyak pengusaha luar Timor jadi kaya mendadak dengan menambang Mangan di tanah Timor.
    Dan dengan kemiskinan yang ada di tanah Timor yg ada di data valid statistik negara ini, tidak ada satupun rakyat Timor yang jadi pengemis seperti yang bisa kita lihat ditempat lain yang (katanya) lebih kaya.
    Sangat unik.
    Mudah2an dengan makin banyak mengetahui tentang Timor bisa membuat semua orang Timor baik di barat maupun timur pulau ini menjadi BANGGA sebagai orang Timor lebih dari kebangaan sebagai warga administratif suatu wilayah negara semata.

    • Armindo Dos Santos

      maaf saya mencoba mengartikan pulau Timor kalau salah mohon dibetulkan :
      Pulau Timor nama aslinya adalah Temur bukan Timor setelah Portugis masuk nama pulau itu dirubah menjadi Timor Timur. Siapa pun yang ingin mengetahui lebih banyak tentang pulau Timur datang ke Lospalos salah satu Ratu yang ada di Lospalos adalah Chaylor Ratu , Bauro Irakuru . Kenapa pulau Timor itu bentuknya seperti buaya itu ada ceritanya ada, di Lospalos ada nama tempat khusus namanya pati2ni siapa yang mengatur itu semua .jd Pati2ni artinya tempat membagi wilayah Ratu2 atau Raja pada Zaman itu siapa yg membagi adalah Chaylor Ratu. jadi sekarang orang mengaku saya lebih tahu sejahra Timor Timur saya bilang dia omong kosong kenapa pulau Timor sampai sekarang masih kacau balau karena belum menemukan orangnya dan Bendera yang dipake sekarang juga belum tepat .Bendera aslinya sampai sekarang masih tersimpang sampai sekarang Bendera Timor Leste itu ada di Chaylor Ratu. org ngaku2 tahu sejahra Timor itu omong kosong . dia bertemu saya hanya satu pertanya untuk beliau kenapa pulau ini dikasih nama Timor itu aja dia sudah tdk bisa jawab sekian………Chaylor Ratu Irakuru.

      • Terimakasih untuk info tentang Chaylor Ratu tersebut. Benar, setiap kerajaan di Timor punya nama khas untuk pulau ini. Nama Temur adalah sebutan orang Los Palos, yang ketika ditemukan oleh orang Portu lantas dilafalkan sebagai Timor. tentang sejarah Timor, ada yang tahu sedikit tapi berbuat banyak, ada yang tahu banyak tapi berbuat sedikit. Orang-orang Portu dan Belanda tahu sedikit tapi berbuat banyak, orang-orang Timor sendiri mengaku tahu banyak, tapi tidak berbuat apa-apa dan sampai sekarang masih bergantung pada dokumen tertulis dari Belanda dan portugis. Mari saling berbagai agar pengetahuan sejarah yang terbagai-bagi itu lantas menjadi utuh. Salam!

  20. mantap kakak2…………………………………………………

  21. obrigado padre, tulisannya bagus sekali, sebagai anak timor harus saling mencintai dan mengasihi bagi temen- teman ini blog bukan tempat untuk saling mengejek, ini blog merupakan sarana dimana anak timor dari Jaco- sampai kupang mencari solusi atas persoalan masyarakat TIMOR seluruhnya. ba kolega RANO laos kestaun semak brani hasoru fali javanes ka indonesia. agora ita hotu hanoin halnusa hadiak rai ida be naran Timor, ne tamba rai ne partensia bai ita timor oan tomak, ida ne mak importante liu. probema politika maka hafahe ema timor. Maibe Timor barat ita nia fuan sorin balu!!!

    Viva Timor Leste-Viva Timor Oeste!!!

  22. palau Timor hanya satu,tapi sekarang kami udah mrdeka karna kaimi berani usir indonesia,tida spt timor barat yg takut. Dulu zaman portugis kami selalu melakukan peberontakan melawan portuguis,karena kami tidak mau jadi budak org…….viva timor leste.

  23. menurut sejaragh kita dr timor timur sampai barat nenek ,moyan kita satu,,,,,makanya kalo kaian timor barat mau gabung saja dg kami Timor Leste, supaya kt bersatu bangun tanha leluhur kita, dr pd kalian tb budak kpd indonesia.viva TL.

  24. kami hebat dan pintar dg itulah kami merdeka,walaupun secara ekonomi kami tergantung kpd indonesia tapi kami pake uang kami sendiri untuk beli,bkan hanya minta,,,,kami disini cari uang gampang tdk sperti timor barat cari uang susa,pergi TKW di Malaysia di siksa oleh Malaysia,di indonesia di kenal NTT sbg provinsi KG yaitu provinsi kurang gizi….kalian tidk mau gabung karna kalian takut ,,,,dan takut mati kelaparan,,,,,lihat saja dengan bantuan diplomatik kami kepada provinsi papua di PPB,,,,,maka papua akan merdeka dalam waktu pendek…..maka indonesia kehilangan semua mimpinya……kalo kalian tidak ada aksi maka kalian spti anjing yg kurus di tiup angin jatuh masuk lubang…..

    • Silakan menjelek-jelekkan NTT, dan bercuap-cuap tentang kehebatan Timor Timur. Itu sebenarnya tugas kamu sebagai warga negara yang baru merdeka, Buat apa cape-cape merdeka kalau dianggap remeh negara lain, bukan?

      Dan ingat, kalau mau dapat barang yang murah silakan datang ke Atambua dan Kupang. Kamu bisa belanja sepuas-puasnya :)

  25. maluya….di atambua ama kupang memang di sane barang harganya murah….spt saya bilang di atas kami beli pake uang kami sendiri, dan hal ini demi keuntungan indonesia,,,karna di timor barat orang di sana tida mampu beli barang,,,,,saya pergi ke timor barat saya lihat banyak orang yg pake pakaian seperti zaman sitinurbaya,,,artinya ketingalan zaman,,,pada hal di sana pakeian harganya murah dan model nya bagus,,,tapi kenape orang nya,,,tak mampu utk beli semuanya,,,,….sory cerita yg anda nulis di atas salah,,,karna anda hanya tau sedikit,,,,,kalo mau ceritanya benar nanti ada waktu kesini supaya kt bahas,,,,,saya kira banyak mitos dan legenda ttg Timor paling banyak ada di Timor Leste, karna penduduk di sini lebih banyak dr pada penduduk di Timor Barat…..dan bahasa lokal di timor leste 36 bahasa daerah,,di banding di Timor Barat hanya sedikit…..kalo ini bisa di katakan pddk TL paling tertua……maaf,,,,,,kalo meremekan………anda tapi sejarah harus di benarkan……..

    • Akhirnya dari komen-komen saudara bisa disimpulkan bahwa saudara sedang mengalami apa yang disebut post-colonial syndrome. Setelah Timor Timur diinjak-injak Portugal dan Indonesia, sekarang saatnya saudara menyusun kembali kepingan-kepingan identitas yang hancur itu. Saya dan orang Timor Barat mendukung sepenuhnya usaha saudara tersebut. Lanjutkan!

  26. obrigado pela a tua bondade, e se voce tivesse alguma coisa sobre a historia de ilha Timor, por pavor comfirmar me para ajudar te escreber bem…….saber e partilhar mesmo isso nao o produto final…..tem o espaco tem o tempo, tem a historia e tambem tem a comunicacao ……..deus bencoes te….Amen,……….

  27. yapp….tapi kamu juga berusaha nulis sejarah timor yg benar,jangan asal2 nulis…..ok.
    Kalo mau nulis sejarah timor barat silakan,tapi mau nulis sejara timor,itu menyankut timor leste juga….jd kamu harus malakukan penelitian di timor leste supaya bisa memperkuat referensi kamu untuk nulis,,,,jangan kopy paste di internet…..dan tamba baca ttg sejarah supaya kamu tau lebih mendalam…….

  28. Salam Hangat dari Jogja..aduh sedih kalo mengenang masalalu tapi bukan hal ini yang ingin saya bahas..Melihat dari komentar kawan2 semua..tidak ada yang salah dan tidak ada yg benar.

  29. Tnesi Tseok Poes
    Bae, komentar tentang Timor bermacam ragam: itu adalah kreativitas anak-anak Timor yang sedang mencari udang. Gali sejarah tidak mudah, sering seperti mwncari udang di balik batu kalau tidak taat sumber yang benar. Tapi kalau salah, itu juga bae, neu teruskan he

  30. anak2 Timor yg kreatif.sy suka kalian berdebat,artinya anak Timor hebat. namun tidak perlu saling menjatuhkan antara Timor barat dan Timor Timur.sedih rasanya kita yg berada di tanah papua,tepatnya Merauke.salam hangat.

  31. Sebenarnya pak tolentino Lopez tidak perlu sampai sgitunya meremehkan orang timor barat,memang bisa dipahami rasa nasionalismenya pak Tolentino terhadap negaranya,,tetapi saran saya,pak Tolentino jangan membabi buta dalam mengekspresikan rasa nasionalismenya…contoh kecilnya : bicara soal mata uang,mata uang yang di pakai oleh orang timor barat adalah Rupiah oleh sebab,rupiah adalah mata uang negara indonesia (timor barat adalah negara indonesia) berbanding terbalik dengan apa yang dikatakan pak Tolentino bahwa di timor leste menggunakan (mata) uangnya sendiri,saya rasa pak Tolentino agak keliru melihat mata uang yang digunakan di timor leste,sebab mata uang yang di pakai timor leste itu adalah mata uang Amerika Serikat,yaitu Dollar..bukan dollar timor Leste,jadi apa benar yang dikatakan pak Tolentino tentang menggunakan uang sendiri itu?
    bukannya itu merupakan suatu bentuk neokolonialisme yang diterapkan oleh Amerika terhadap negara anda? ada apa dibalik itu semua,tanyalah pada para pengambil kebijakan di negara anda.

  32. Nama Timor Berasal dari bahasa melayu tepat di Malaka,artinya pulau paling Timur atau tempat dimana Matahari terbit,..memang betul pulau timor Matahari terbitnya dari ujung tutuala lospalos , timor leste dan terbenangnya tepat diujung Kota kupang timor barat ,Indonesia ..dulu sebelum berdirinya kerajaan majapahit dan sriwijawa,..pedagang2 cina sudah mendatangi raja2 di pulau Malaka untuk mencari tau asal usul kayu cendana yg sudah ribuan tahun tersebar harumnya sampai ke masyarakat timur tengah,..atau di tanah Arab dan Israel..kayu cendana harganya sangat mahal saat2 sebelum tahun masehi atau sesudah masehi karena saat itu persembahan kepada tuhan di timur tengah mengunakan dan pembakaran kayu cendana dengan asapnya untuk menyembah dan bersyukur kepada tuhan,..sampai Sekarang pun didunia iini di tempat suci masih memakai kayu cendana untuk bersyukur atau bersembah kepada tuhan,..setelah munculnya kerajaan majapahit ,kayu cendana resmi melalui kapal dan perantara pedagang2 Majapahit mempopulerkan kata TIMUR ke seluruh dunia,.setelah runtuhnya kerajaan majapahit dan perdagangan kayu cendana terhambat dan karena Nama Timur sudah dicium oleh bangsa Eropa maka berlayar orang portugis mencari tempat tepanya ( TIMUR )..bangsa portugis berlayar sampai di India ,.srilanka,. Malaka ,jawa,. Dan sampai Maluku yg akhirnya raja2 Maluku menunjukan arah tempat Tanah Timur atau tempat Matahari terbit kepada bangsa portugis di awal 1512.,,dan kapal2 orang portugis berlayar menuju Timur atau dipanggil TIMOR oleh org Portugis setelah mendarat di Lifau ambeno ,Eokussi dan kembali perdagangan cendana melalui bgs portugis…Dalam bhs portugis huruf O dibaca jadi U,.seperti pedruco jadi pedruku ,.pedro dibaca jadi pedru,..santos jadi santus,.dll,..mk Nama TiIMOR itu Berasal dari bahasa melayu yg artinya Timur atau tempat terbitnya Matahari yg dipopulerkan oleh pedagang2 Cina dan pedagang2 kerajaan majapahit dan kerajaan sebelum Majapahit hanya a karena harumnya kayu cendana sampai di Eropa dan Timur tengah,…

    Yg anehnya adalah PETA Timor yg sudah ribuan tahun thn dijuluki pulau Buaya ,.padahal leluhur Timor saat itu bagaimana bisa tau bentuk pulau dari ketinggian,.padahal belum Ada alat pemantau dari atas ,.( pesawat atau satellite ) ..tapi mitos atau dongeng bisa membuktikan PETA Timor itu ternyata berbentuk seperti Buaya atau Lafahek,..

    Berbanggalah kepada Leluhur Orang Timor dan berbanggalah jadi Orang Timor diatas pulau Timor,..biar dibagi oleh perbatasan negara tapi hanya satu leluhur,..memisahkan diri atau tetap bersatu itu hanya masalas Opsi dari masing2 pihak tetap dihargai tapi Leluhur Tidak boleh diingkari atau pusahkan,…Salam dari Timor Leste untuk Timor Weste,.Tata Maukura

  33. dari pembahasan saudara2 hanya meliputi timor timur sampe timor barat. apakah timor tengah selatan dilupakan? bila matahari terbit dari timur itu sudah pasti, tp bila matahari berotasi pasti tdk pernah melewati 3 tempat di pulau timor bagian selatan yaitu kol’ot, tun am dan sungai senual. maka dari itu org timor bagian selatan bs tahu kapan tanam jagung dan kapan panen jagung. mengenai mitos pulau buaya, semua pusat pulau buaya ada di pantai timor bagian selatan…:). I LOVE FULL AMANATUN

  34. Thommy Ta'ek (falas

    Apapun itu semua sdh terjadi .. dan nama Timor sdh melekat dalam diri kita masing2 yang telah lahir di tanah Timor.
    Sekali Timor Tetap Timor, yg terpenting penting disini adalah bagaimna kita membangun tanah kelahiran kita “

  35. Semoga dengan nama Timor dapat menyadarkan kita semua Putra Putri Timor untuk bersatu tanpa memandang Timor Barat atau Timor Timur, Agama Katolik atau Protestan, bekas jajahan Portugis atau Belanda.. Tetapi dengan nama Timor kita dapat bersatu dan tunjukan kepada Dunia bahwa kita layak menjadi satu Bangsa yang berhak hidup sejajar dengan Bangsa manapun dimuka Bumi ini… saya setuju dengan wacananya saudaraku Talentino Gomes Agar Timor Barat & Timor Timur dapat bergabung… Salam kenal dari Saya buat Talentino Gomes,( saya lahir di Soe Kab Timor Tengah Selatan )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

CATATAN CADERABDUL PACKER

Doyan Kelayapan, Backpackeran, Travelling, Moto, Coretan, Celotehan

Shitmen System

Ata pupu ta'an to'u. Iki lewo soga tana

Benyamin Lakitan

Research, Technology, and Innovation +Photography

FORESTER'S BLOG

JALAN - JALAN DI HUTAN

Nona's Life Journal

Smile, what's the used of crying?

ariesadhar.com

sebuah perspektif sederhana...

Matt Thomas Photography

Personal photographic website/blog looking at Action Sports, Portraiture, Landscape and Travel photography

Catatanku

Ini adalah album yang berisi catatan yang saya tulis dalam perjalanan waktu hidup. Catatan yang terinspirasi dari apa yang saya lihat, saya baca, saya dengar, dan saya rasakan.

Seneng Utami

Kekuatan dalam Kesederhanaan

Yuki Hikaru

just another wordpress site

PERCETAKAN CV. NADA GROUP - JAKARTA

Percetakan | Komputer | Desain Grafis | Foto Copy | ATK | Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

Duniaku

You Can Do More Than You Can Imagine

senibenni

berkarya dalam bentuk rupa

@NotedCupu Mahasiswa "Imigran"

Terkadang Pemikir, Terkadang Gak, Terkadang Edan | #NotedCupu

KEMBARA KEHIDUPAN SEORANG THEOFILUS NATUMNEA

"Melayani dengan Setulus Hati"

Return to Rai Ketak

Ruminations on Timor my (once) island home

ManaShines

Sharing Ideas about Anything,..

Dg Situru'

catatan refleksi & pemikiran

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.370 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: