MEDITASI PERKUKUH RELASI

Jika anda menyukai banyak orang, relasi adalah satu dari sumber pemenuhan yang terbesar. Sayangnya relasi yang tidak menggembirakan dapat menyebabkan hidup menjadi amat menyakitkan. Namun segala pengalaman anda baik maupun buruk menjadi penyebab nyata kebaghagiaan ataupun penderitaan anda. Kita punya pilihan bagaimana untuk menanggapinya. Tetap pada kesadaran merupakan satu pilihan dan hanya kitalah yang punya kekuatan untuk membuat diri kita bahagia maupun sedih.

Untuk memperoleh pemenuhan sejati dari relasi anda, anda perlu melihatnya sebagai proses untuk berkembang dan menemukan diri. Hidup merupakan tempat belajar dan kita mendatangkannya untuk diri kita sendiri persitiwa, keadaan dan relasi yang kita butuhkan untuk berkembang.

Setiap masalah memberi kita dua pilihan apakah kita memperbesar atau memperkecil kesdaran kita, apakah kita menjadi bertahan melindungi diri sendiri dan menyalahkan orang lain ataukah kita memanfaatkan segala kendala sebagai kesempatan untuk menjadi lebih kuat untk belajar dan berkembang. Jika kita berkecil hati, kita akan mengalami kesedihan. Bukan orang lain yang menyebabkan kita tidak bahagia namun karena kesedihan merupakan hasil dari fokus diri yang berlebihan. Sebaliknya secara otomatis kita mengalami kebahagiaan dan pemenuhan saat kita mencurahkannya.

Akhirnya melalui tahap meditasi yang diperdalam kita dapat menemukandan menekankan kegembiraan yang tidak akan berubah dalam keadaan apapun. Perluasan kesadaran merupakan pokok dari kesadaran spiritual dan relasi yang dapat menjadi proses yang luar biasa.

Persahabatan merupakan bentuk relasi yang paling murni. Kita memilih teman untuk bersenang-senang dan mengisi waktu bersamanya. Sebagian jenis relasi lain juga memiliki dorongan semacam ini. Eks untuk pasana kekasih atau peran kodrati dalam keluarga. Anda dapat memperkuat segala relasi jika anda menjadikan persahabatan sebagai dasarnya. Anda secara otomatis akan melakukan yang terbaik untuk teman anda. Ingatlah kelebihan mereka dan abaikan kelemahannya. Anda bisa tertawa bersama teman anda dan sekaligus menangis bersamanya. Dan anda mengerti bahwa persahabatan lebih penting daripada diri anda sendiri.

Dalam musik india ada satu not utama yang selalu diulang-ulang oleh pemusik dengan segenap raga. Jadikan persahabatan sebagai kunci utama dari segala relasi anda. Daya tarik yang bershabat, juga merupakan cara terbaik untuk mendapatkan teman hidup.

Relasi yang erat dan abadi seperti perkawinan membutuhkan persahabatan semacam ini sebagai intinya. Isyarat pertama dalam kegagalan perkawinan adalah bahwa pasangan bukanlah sebagai teman. Bahkan dengan teman anda, hal yang sangat penting untuk mengawetkan relasi anda adalah sikap untuk menghargai. Tidak perlu secara formal. Namun harus ada rasa untuk menghargai, kejujuran dan kepercayaan kepada orang lain.

Satu hal lain: dimensi spiritual: soal kebutuhan jiwa yang dimiliki oleh setiap orang: kedamaian, cinta dan kegembiraan. Meditasi membantu kita menemukan ini di dalam inti sel. Sebenarnya kita ingin untuk memenuhinya dalam relasi kita. Saat kita menjaganya di dalam diri kita dan orang lain, kita mendapati bahwa hidup menjdi lebih indah dan lebih memberi harapan. Otomatis kita harus mencoba memandang setiap orang sebagai pribadi yang unik.

Hal yang menjadikan relasi kuat dan sehat adalah sebagai berikut:

1. Mengembangkan komunikasi yang baik. Belajarlah untuk benar-benar mendengarkan pasangan dan teman anda. Semakin banyak anda mendengarkan pikiran dan perasaan di balik satu kata, anda mulai semakin berelasi dengan erat dalam komunikasi anda. Perhatian bukan hanya pada kata-kata, namun juga pada nada dan suara, tatapan, ekspresi dan pikiran yang tersirat dari orang-orang lain. Bagi pasangan, komunikasi yang mendalam akan diperkuat, jika anda dapat bersama-sama menikmati waktu dalam ketenangan, terlebih jika anda bermeditasi bersama. Hal ini penting untuk menunjukkan cinta dan kasih sayang anda. Relasi bagaikan tumbuhan yang berkembang jika memperoleh cukup sinar dan air, serta cuaca yang sesuai sebagai penentu yang utama. Cinta dan penghargaan bagaikan sinar matahari dan air bagi relasi kita. Relasi akan kuat jika seseorang merasa dihargai. Pengharapan yang tidak realistis merupakan racun bagi relasi kita. Ingat: hanya diri anda yang bisa membuat diri anda bahagia dan bukan orang lain yang bisa membuat anda bahagia maupun sedih. Semakin sedikit tuntutan yang anda lakukan akan semakin lebih baik. Beri ruang pada orang lain untuk menjadi diri mereka sendiri. Ada hukum daya tarik yang tak kentara di antara manusia. Jika anda menginginkan orang lain berubah cobalah berbuat awal yang penuh daya tarik dengan memberikan contoh perilaku yang benar.

2. Jangan mengkritik apa yang salah. Namun tekankan mutu yang ingin anda kembangkan. Pikirkanlah kekuatan orang lain bukan kelemahan mereka. Hanya jika mereka merasa aman, mereka akan mempunyai kemampuan untuk berubah. Ingatlah selalu hormati hak orang lain untuk menjadi diri mereka sendiri. Untuk berpikir dan merasakan sesuai yang mereka inginkan. Jangan terlalu berusaha untuk mengubah orang lain dengan maksud untuk menemukan yang terbaik dalam dirinya. Pikirkan lebih dahulu bagaimana anda dapat membantu menguatkan/meneguhkan orang lain kemudian baru bagaimana anda dapat memperbaiki situasi. Keakraban yang sejati hanya akan berkembang dalam suasana saling percaya. Jangan sampai membuat kesalahan dalam hal ini. Masalah muncul dalam relasi jika seorang tidak lagi melihat hal lain kecuali kebutuhan dan keinginan mereka sendiri. Itulah sebab, mengapa meditasi bisa sangat membantu.

About aklahat

Lahir dan besar di pedalaman Timor Tengah Selatan, tinggal dan bekerja di pinggiran Kota Kupang.

Posted on April 12, 2011, in Refleksi, Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: