Festival Budaya/Kesenian Tradisional

Festival Budaya atau festival kesenian tradisional sedang digalakkan di mana-mana. Ada upaya serius untuk melestarikan kebudayaan tradisional yang dikhawatirkan agak lemah menghadapi tantangan arus globalisasi. Zaman sekarang memang sudah semakin sulit, dalam hubungan dengan budaya, untuk mengatakan mana yang asli dan mana yang bukan asli.

Langkah awal upaya pelestarian ini dilaksanakan dengan pelbagai perlombaan kesenian tradisional. Ini yang baru saja dilaksanakan oleh warga paroki Sancta MAria Fatima Taklale Kupang Timur. Pentas tradisional itu diikuti oleh berbagai etnik/subetnik yang mendiami wilayah Gereja Santa Maria Fatima. Etnik/subetnik yang tampil dalam pentas seni 9 Mei 2013 itu adalah Kelompok Amarasi, Kelompok Biinmaffo, Kelompok Viqueque, Kelompok Lospalos, Kelompok Bajawa, Kelompok Rote, Kelompok Aileu dan Kelompok TetumPortu.

Ternyata masih ada anggapan keliru — hemat saya– bahwa budaya itu identik dengan tradisi. Orang yang mengenakan pakaian tradisional dan menarikan tarian tradisional disebut sebagai orang yang menghargai budaya. Pentas malam itupun semoga tidak berhenti pada pelestarian kostum tradisional dan tarian tradisional. Seyogyanya pertemuan dengan budaya baru, misalnya budaya internet sekarang ini semakin membantu memperkuat identitas lokalitas seseorang.

Apa yang bisa saya buat?

Ikut menyumbang konten tentang budaya dan tradisi lokal saya. Insya Allah!

 

About aklahat

Lahir dan besar di pedalaman Timor Tengah Selatan, tinggal dan bekerja di pinggiran Kota Kupang.

Posted on Mei 11, 2013, in Budaya and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: