AKLAHAT adalah Blog yang berisi tulisan-tulisan saya tentang kehidupan sosial-budaya masyarakat yang berdiam di Pulau Timor. Lebih banyak seputar Timor Barat yang merupakan bagian dari NKRI (Negara Kocaklah Kesatuan Republik Indonesia).

Saya sendiri lahir di pedalaman Pulau Timor, tepatnya di bagian Wilayah Timor Tengah Selatan (TTS), yang langsung berhadapan dengan Wilayah Timor Tengah Utara (TTU) dan Belu (sering disebut-sebut sebagai kawasan segitiga Timor Tengah). Saya tinggal di Kota Kupang, Pusat Propinsi Nusa Tenggara Timur,  sebagai rohaniwan katolik.

Tulisan ini mungkin berguna, mungkin lebih banyak tidak, akan tetapi selayaknya saya berterima kasih, Anda telah meluangkan waktu yang amat berharga untuk mampir ke sini.

Oia, tinggalkan jejak komentar anda di bawah ini dan mari kita jalin persahabatan!

Selamat membaca dan terimakasih -sekali lagi- atas kunjungan Anda!


traditional house of west timorese

98 pemikiran pada “About Me

  1. salam kenal dan hormat pada Romo dengan aklahat-nya. Begitu mendalam dan bermakna dalam setiap tulisan Romo… hampir tidak pernah sy menemui seorang Romo berprofesi juga sebagai blogger dan begitu intens dan perhatian pada fenomena sosial, budaya dan sejarah sekitar timor. Ijinkan blog Romo saya link di planet kupang, yang sekedar tulisan – air dangkal. Salam

    1. Salam kenal juga. Oya ini dengan A4, saya ingat…..Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan untuk memasang linkback ke blog saya ini. Mungkin saya sedikit berlebihan pada “About me” soalnya saya baru mulai berkenalan dengan dunia blogging. Tentang opini-opini saya, mari kita diskusikan bersama-sama, sudut pandang yang berbeda pasti akan melengkapi cakrawala pikir kita masing-masing. Sekali lagi terima kasih.

  2. Wah keren keren..orang Timor makin banyak yang tertarik and aktif ma dunia internet..semoga kita bisa membantu kita untuk makin maju terutama dalam teknologi dan informasi..
    Salam

    1. makasih atas kunjungannya. Kebanyakan orang Timor baru mengenal internet sekitar tahun 2005. Sampai sekarang pun jaringannya masih lelet, tapi lumayanlah,buat berbagi cerita dengan sesama netter se Indonesia!!

  3. Salam kenal Romo, saya Fehan Oan yang beberapa foto ttg konser ANBI ada di blog ini..saya kaget ternyata foto saya juga ada di blog ini. sebelumnya saya hanya menaruh di grup ANBI dan satu yang dipakai oleh Sinmar harapan online.
    Mohon maaf ya..hanya usul kalo boleh tolong ditaruh credit fotonya..:) hanya usul saja. jika berkenan.
    Salut buat blog yang bernas ini, templatenya juga asik…:)

    Olkes Dadi Lado (akun fb : Fehan Oan)

    1. @ Olkes aka Fehan Oan. Makasih atas anjurannya! Saya menyesal tidak mencari tahu lebih lanjut tentang foto-foto tsb di Grup ANBI. Ini mental HG alias harap gampang… dan pencurian 😦 [shame of ME]
      Ok saya pasang kreditnya… Salam kenal juga. Makasih sudah mampir ke sini 🙂

      1. Ahklahat , salam kenal dari pada saya: rajap ali.sy berasal dari desa bampalola,dan saya kini tinggal di malaysia.
        Tenks,karna
        Buka ruangan ini utuk masyarakat timur.semoga flobamora tetap menten.

  4. Syalom,
    Eventhough I am a pure Timorese. I have never known about all the story about Timor. Now I thank God and thank you for all deepest information and especially Pictures about the kings in Timor, especially of Amarasi Distrik, I’ve never known it. I actually like history very much and hope to learn from you more.
    Jorus Ruku – Denpasar – originally Amarasi.

    1. Shallom aleikhem,
      thanks for visiting here!
      Things that encouraged me to write on this blog is the fact that there is only a few written sources of the cultural history of Timor. So let us continue to look for and record the stories of our ancestors.

  5. wow, salam kenal romo. saya suka tulisannya. mantap menarik dengan gaya bahasa update tak membosankan [anak skg bilang : ya iyalah romo gitu lhoooo]. tadi cuman mampir baca tulisan ttg megap2 sastrawan entete di Gramedia, cuman pas liat ‘about me’ ada blg tinggalkan jejak jadi… salam kenal…

  6. Salam kenal Romo,
    saya mencari tahu dan membaca-baca perihal TTS karena saya akan ditempatkan bekerja disana. Sangat berterimaksih untuk tulisan2 Romo, bisa membantu mengetahui tentang masyarakat dan budaya di TTS dan NNT pada umumnya.

    1. Salam kenal juga. Rasanya saya pernah mendengar nama Bapak (entah :)). Itu sekelumit tentang Timor. TTS adalah wilayah kabupaten terbesar di Timor. Selamat datang dan mengabdi untuk TTS. Terimakasih atas kesedian menjalankan tugas tersebut…

  7. Dear webmaster;

    Interesting,what you do here.I hoope more peoplem will take initiatives to publish about the rajas of Timor,which is a part of the Timor culture and history.Maybe still my woirk is there on the site of Royal Ark about the history of the federated kingdom of Kupang.I am an historian and now make an encylopedy in English about all the ca. 300 dynasties of Indonesia.I am espacially interested in NTT.The government tries to bring together more and more the ca. 110 rajas of Tior in big meetings to talk about the preservance/protection of the NTT royal history and culture.Vice-Governor Esthon Foenay is the fettor-raja of Foenay in the Kupang federation.
    Any info about the present rajas of Timor is always welcome.
    I like to exchange info.

    Salam hormat:
    DP Tick gRMK
    secr. Pusat Dokumentasi Kerajaan2 di Indonesia “Pusaka”
    Vlaardingen/Holland
    (Anggota Kerabat Raja Kupang/Sonaf Sonbai Naikoten)
    http://kerajaan-indonesia.blogspot.com
    pusaka.tick@kpnmail.nl
    facebook: Dobnald Tick

  8. Terimakasih Romo,saya senang bisa mengetahui lebih banyak lagi tentang tanah kelahiran saya dan sejarah tanah kelahiran saya TIMOR .Memankjubjan.Karena kami baru kehilangan salah satu putra TIMOR terbaik Alm Pater Primus Djuki – ” Prisco Virgo ” Dengan TOLAS UABLABAN ,tetapi DIA telah mengutus lagi pengganti yang membimbing kami,Sang Gembala : Incredible AKLAHAT.salam hormat dan salam persahabatan,Semoga sukses selalu,Amin.

  9. Salam Kenal, Terima kasi atas adanya blog ini,saya sangat bangga semakin banyak orang Timor yg menulis tentang tanahnya sendiri. Saya menemukan blog ini secara kebetulan, ada seorang sepupu saya yg akan menikah, kami anak- anak mudah ditunjuk sebagai panitaia pernikahan, ketika harus berbicara tentang adat kami bingung harus mulai dari mana (saya orang Timor dari Kapan),akhirnya saya coba cari di internet dan menemukan blog ini.

  10. selmat bakatumu romo, lama tak jumpa,,,,saya edy naiaki,mantan murid romo sewaktu masih di seminari, waktu itu romo masih fr top mengajar kami bahasa inggris kelas persiapana,,,,,hehe,,,saya da cari-cari tulisan tentang budaya atoin meto dan akhirnya dapat di dalam blog ini,,,,syukur budaya orang timor tidak hilang ditelan badai teknologi romo,,,,,

  11. Terima kasih banyak Romo atas lagu-lagu yang dimuat lewat situs ini. lagu-lagu daerah ini menghantar dan menyatukan aku dengan pulau Timor tercinta tempat aku dilahirkan dan dibesarkan. Salam kenal dari Roma……maju terus dan lestarikan budaya Pah Meto. Salam Pius Bala Lerek, Asal Oinlasi-Amanatun Selatan. Mtiti più.

  12. salam kenal om aklahat… blog nya sudah saya bolak-balik untuk baca nya,,bagus sekali… salam kenal dari saya Fadhli Akmal ( fadolay ) dari Padang Sumatera Barat.. semoga Timor Barat diperhatikan oleh pemerintah RI.. karena kita sama,,yaitu manusia, tidak ada perbedaan diantara kita..
    salam… http://www.fadolay.co.nr

  13. Kunjungan balik
    Wilayah timur,,, aku suka keindahan LabuanBajo, Manggarai, Bajawa yang sejuk. Apalagi danau panca warna. Cendana yang semerbak mewangi…. etc

  14. tulisannya bagus sekali dan bisa menambah wawasan sebagai orang atoni yang tinggal di Oecusse Timor leste merupakan orang Timor yang mana sejaray, budaya, agama dan politik lokal. salam ansaof mese nekhaf mese tafen pah timor!……

  15. salam kenal,
    saya eko, tinggal di malang. sebuah kebetulan saya mencari-cari data tentang materi budaya di Timor Leste dan menemukan tulisan “Persepsi Orang Timor Lorosa’e Tentang Kebudayaan dan Lingkungan Hidup”, ini tulisan yang menarik.
    secara pribadi saya ingin membuat kajian komunikasi antar dan lintas budaya Timor Leste. apakah kiranya bapak punya beberapa informasi yang bisa membantu saya, ya?
    terima kasih perhatiannya dan maaf atassegala kekurangan

    salam,
    eko b siswandoyo

    1. Salam kenal juga.
      Tentang Timor Leste, saya bisa membantu saudara a.l dengan menghubungkan dengan beberapa informan yang tinggal di Kupang maupun di Dili. Kebanyakan informasi di sini saya peroleh dari mereka. Saudara bisa menghubungi saya di via email di patrisallegro@gmail.com. Terimakasih.

  16. Salam Kenal. Saya mulai tertarik dengan bahasan tentang Timor Leste sejak tahun 2011 pada saat saya mengambil topik tugas akhir tentang batas laut Indonesia dan Timor Leste. Dan bahkan setelah lulus pun saya masih suka untuk ‘melihat-lihat’ Timor Leste.
    Tulisan bapak sangat menarik. Izin follow ya pak. 🙂

    Catur Anindhito,
    Jakarta

  17. Greetings from Staunton On Arrow, Great Britain.
    Does your blog get a good number of junk posts?
    I’m a blogger too and I’m wondering how many people have the exact same problem.
    Many of us have created some nice techniques and we are seeking to swap ideas with other folks.
    Why not shoot me an email if interested?

  18. salam kenal ROMO.Artikelnya sangat bagus, tpi masih ada yg terlewatkan. dri cerita tua2 dikatakan bhw laksamana Ceng Ho pernah mendarat di Alas, dibuktikan dg adanya perahu yg terjepit di phon dan kuburan para prajuritnya dlm usaha mrk mencari cendana. saya dptkan cerita itu langsung dr om Pareira ygmsh keluarga dg Dr Servas P.

  19. salam kenal Romo,
    boatarde padre tulisannya bagus sekali, semoga harapan negara Timor Raya direstui Tuhan Yang maha Esa, ini hebatnya para rohaniawan selalu berbicara jujur demi keadilian tidak takut sebesar apa resiko yang dihadapi.

    dari dili ke kupang jiwaku tidak merasa melintasi di negeri orang, karena darah ku sama kulitku sama, rambutku sama, adatku sama, lu makan pinan be sama,lu makan jagung beta pun sama, lu makan ubi betapun sama!! SO WHY SHOLUD BE SEPARETED??? god bles TIMOR RAYA!!!

  20. romo mau tanya, kalau mau coba jagung bose atau jagung ketemak dimana ya?
    kebetulan saya sedang ada kunjungan di kupang tapi kesulitan cari tempat makan yang jual menu itu. Salam,

  21. Hello Romo Patris.
    Saya juga Patris, dengan keluarga di Jayapura, Papua. Agak kaget lihat tulisan saya ttg Trueself of Timorese di blog ini. Sudah lama tinggalkan Timor, dan terobati dengan mendapat up date spt ini. Hope to share more in the near future…
    Salam dari Bumi Cendrawasih…!

  22. salam kenal romo,,,saya asli timor(soe,kesetnana) yg ternyata baru tahu sejarah timor dari blog ini dan link2 terkaitnya (maaf saya lahir dan dibesarkan diluar timor) terima kasih buat infonya ,,, bae sonde bae beta cinta Timor suatu saat beta balik bantu membangun timor
    #timorfromBorneo

  23. Salam..

    Romo, saya mahasiswa yang sedang dalam proses menyusun program untuk KKN di wilayah Nusra. Bisa berdiskusi tentang keadaan lapangan? Terutama untuk wilayah Kec. Solumu?
    Jika ada waktu, mungkin bisa email ke zanetadescara@gmail.com.
    Terima kasih

  24. Apakah bisa ada tulisan mengenai suku2 timor lainnya. Diluar main island Timor seperti dari wetar – kisar – luang – yamdena (tanimbar).
    Mereka termasuk dlm residen timor, sesuai pembagian belanda waktu itu berdasarkan kultur. (Residen sumba – sumbawa, residen Flores, termasuk alor, dan residen timor dan kepulauannya.
    Dikarenakan sgat sedikit sumber yg membahas ttg kepulauan barat daya maluku sekarang ini. dulu disebut Timor Lao atau timor laut oleh suku2 di selaru dan yamdena tanimbar.
    Kurangnya interaksi budaya dgn mereka terlebih setelah jd bagian dri maluku dan timor leste merdeka.
    Menurut opini saya kekerabatan mereka dgn timor sendiri lebih dapat dilacak dari timor leste secara adat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s